KEMAHASISWAAN

ESA (English Student Association)

ESA adalah salah satu bentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang berada di bawah naungan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). ESA merupakan wadah atau organisasi yang berfungsi sebagai tempat bagi mahasiswa untuk berkarya.

Kegiatan ESA dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  1. Kegiatan Akademik yang meliputi Pelatihan Menulis, TOEFL, English Debate dan lain-lain.
  2. Kegiatan non akademik yang meliputi English Camp, Spelling Bee Contest, dan lain-lain.

Selama ini ESA telah menjadi perekat mahasiswa lintas angkatan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam mempertahankan mutu kegiatan organisasi mahasiswa kedepannya, ESA optimis untuk semakin maju dan akan semakin memberikan manfaat pada anggota ESA dan Universitas PGRI Banyuwangi pada umunya.

Musyawarah Besar (MUBES) ESA Ke-V

Pada hari Jumat, tanggal 13 Maret 2020, English Students’ Association (ESA) mengadakan Musyawarah Besar (MUBES) ke-V dan Pelatihan Pengurus English Students’ Association Periode 2020/2021. Tema dalam acara ini adalah “We are Young Leaders and New Generation”.

Acara MUBES ini dihadiri oleh mahasiswa/i dan segenap dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan terpilihnya Muhammad Bima Satriawan Putra sebagai Ketua ESA yang baru menggantikan Ketua ESA periode sebelumnya yaitu Yuli Fatmawati.

Sambutan DEKAN FBS Universitas PGRI Banyuwangi
Penyampaian visi misi oleh para calon Ketua ESA periode baru
Serah Terima Jabatan Ketua ESA Baru Periode 2020/2021
Ibu Dekan dan Ketua ESA Periode 2020/2021
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pada acara MUBES ESA ke-V Periode 2020/2021

Acara ini telah terlaksana dengan baik dan lancar. Melalui kegiatan yang bermanfaat ini, para generasi penerus bangsa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Banyuwangi diharapkan untuk selalu mengharumkan nama almamater dan berusaha untuk terus maju, kreatif , inovatif dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

Progam Pelatihan Pengenalan Perhotelan di Hotel Ketapang Indah

Pada hari Selasa, tanggal 10 Maret 2020 Prodi Pendididkan Bahasa Inggris mengadakan kegiatan Praktek Pengenalan Perhotelan di Hotel Ketapang Indah.
Bentuk acara yang direncanakan dalam program ini adalah Pelatihan Dasar Perhotelan sehari dengan materi FO, HK dan Pengenalan Hotel yang dalam hal ini semua instruktur berasal dari pelaku langsung atau pihak – pihak yang telah ditunjuk oleh Hotel Ketapang Indah.
Selain pelaksanaan Pelatihan tersebut, juga dilakukan penandatanganan kerjasama (MOU) antara Hotel Ketapang Indah dan Fakultas Bahasa dan Seni.
Tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan kerjasama professional antara lembaga pendidikan dengan pelaku usaha dan memberikan pengetahuan dasar Perhotelan dan bagian bagiannya dalam dunia perhotelan.


Pelaksanaan program ini penting disebabkan urgensi kebutuhan akan peningkatan ketrampilan mahasiswa dalam bidang selain pendidikan serta terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan antara pelaku bisnis dan penyedia sumber daya manusia atau lembaga pendidikan.

Kegiatan Program Pelatihan Pengenalan Perhotelan telah berjalan dengan lancar. Kegiatan ini diharapkan berjalan secara kontinyu sehingga mampu mempereat hubungan dan sinergi yang terjalin dengan baik antara Fakultas Bahasa Inggris, Universitas PGR Banyuwangi selaku salah satu lembaga pendidikan dengan Hotel Ketapang Indah sebagai salah satu pelaksana roda perekonomian yang ada di Banyuwangi.

 

 

ENGLISH CAMP DENGAN TEMA

“UNITY OF DIVERSITY”

Pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 6 dan 7 November 2020, mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Banyuwangi yang terbentuk dalam wadah kemahasiswaan English Students’ Association atau ESA periode 2020/2021 telah mengadakan acara English Camp dengan tema “University of Diversity”. Pada kegiatan ini, mahasiswa ESA mendirikan tenda dan menginap selama dua hari di Air Terjun Jagir yang terletak di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Upacara Kegiatan English Camp
Kegiatan di English Camp
Kegiatan mahasiswa/i ESA dalam menyimak materi dari dosen FBS
Foto Bersama Mahasiswa ESA

Foto Bersama Dosen Fakultas Bahasa dan Seni UNIBA


PELANTIKAN PENGURUS ESA PERIODE 2021/2022
UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI


      Pada hari Rabu, tanggal 03 November 2021, ESA mengadakan acara pelantikan Pengurus ESA untuk periode 2021/2022. Acara pelantikan tersebut diadakan pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB bertempat di ruang A5 Gedung A Universitas PGRI Banyuwangi. 

Wakil Rektor III Memberikan Sambutan

 

Ketua Esa Periode 2020/2021

 

Ketua Esa Periode 2021/2022

 

Wakil Rektor III, Dekan FBS dan Ketua Esa 2021/2022

 

Wakil Rektor III, Dosen-dosen FBS, dan Anggota ESA

      Acara pelantikan pengurus ESA periode 2021/2022 telah dihadiri oleh wakil rektor III sekaligus Dekan FBS, Ka.Prodi PBI, dan beberapa dosen di lingkungan FBS. Kegiatan acara ESA telah berjalan dengan lancar dan semoga ESA semakin kreatif, aspiratif, dan semakin inovatif dalam memberikan kontribusi yang nyata dan positif bagi kebaikan dan kemajuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ke depannya.








English Camp dengan Tema

“Fantastic Adventure”

Pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 17 dan 18 Desember 2021, mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Banyuwangi yang terbentuk dalam wadah kemahasiswaan English Students’ Association atau ESA periode 2021/2022 telah mengadakan acara English Camp dengan tema “Fantastic Adventure”. Pada kegiatan ini, mahasiswa ESA mendirikan tenda dan menginap selama dua hari di salah satu tempat wisata di Banyuwangi yaitu Sendang Seruni. Sendang Seruni terletak di Dusun Sumberwatu, Tamansari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Selain mendapatkan pengalaman seru selama di Sendang Seruni, merek juga mendapatkan banyak materi-materi yang berhubungan dengan motivasi hidup dan seluk beluk dalam dunia perkuliahan yang disampaikan oleh ketua ESA yaitu Chitra Tri Lestari. Acara berjalan dengan lancar dan tertib.